Rabu, 24 Juli 2013

Ngabuburitku di kota Malang



Ramadhan…oh Ramadhan. Kehadiran bulan suci ramadhan begitu sangat dinanti siapa saja. Begitu juga diriku yang begitu sangat merindukan bulan suci Ramadhan. Setiap kali Ramadhan pergi aku selalu meneteskan air mata tanpa ku sengaja. Karena aku sangat kehilangan moment moment indah saat bulan Ramdhan tiba, dan aku takut jika aku tak bisa menikmati bulan penuh berkah ini kembali. Namun Alhamdulillah sampai saat ini aku masih bisa menikmati indahnya bulan suci Ramadhan.  



Aku ingat di waktu aku masih menuntut ilmu di luar kota, tepatnya di kota Malang. Selama empat tahun aku tinggal di kota Malang tanpa di dampingi kedua orang tuaku. Selama empat tahun juga aku menjalankan bulan puasa di kota Malang. Begitu banyak cerita indah yang aku alami di sana. Salah satunya, ketika bulan puasa datang aku yang hanya anak Kos ini, selalu mencoba sesuatu yang sangat bermanfaat dan mendatangkan berkah. waktu itu merupakan Ramadhan ke duaku di Malang. Ramadhan pertama, aku masih tinggal di Asrama kampus, jadi berbuka masih di kantin Asrama.  


Waktu pertama kali keluar dari Asrama aku pun mulai mencari tempat berbuka lain. Karena aku pun masih penyesuaian dengan lingkungan baru, jadi Ketika waktu berbuka puasa akan tiba, aku dan temanku melakukan ngabuburit tanpa mengeluarkan uang sedikit pun. Coba teman-teman fikir, apa ada ngabuburit tanpa mengeluarkan uang sedikit pun. :) Kalau aku dulu ya seperti itu, ngabuburit dengan mencari Masjid-masjid yang ada di sekitar Kampus dan tempat kosku. Maklum lah teman-teman, biasa anak kos itu kan selalu mencari yang Gratisan.. hehehe

Jadi begitu seterusnya, aku dan temanku, selalu melakukan perjalanan untuk mencari lokasi masjid yang bagus dan membuatku tenang. Senang sekali aku rasakan waktu berbuka dengan temanku di Masjid, aku jadi kenal dengan yang lain. Tapi, ya aku dan temanku tidak hanya mencari makanan gratisan saja ya teman-teman, tapi juga tausiyahnya juga. karena setiap masjid yang aku datangi itu memiliki perbedaan faham, namun aku senang sekali karena aku bisa belajar dari kelompok yang lain, yang penting mereka masih berpedoman pada Al-Qur'an dan Hadist. dan Dengan ngabuburit itu, Aku jadi mendapat ilmu yang begitu banyak ketika harus berada di masjid satu ke masjid yang lain.  


Itulah kegiatan ramadhanku dulu yang sampai kini aku rindu banget masa-masa itu. aku ingin sekali Jalasah Ruhiyah lagi dengan temanku ke masjid-masjid, selain mendapat tambahan ilmu juga dapat Rezeki. :) kalau sekarang aku hanya bisa berbuka puasa di rumah bersama suami tercinta. :)







1 komentar:

  1. kenangan memang indah ya mbak, tapi sekarang bersama suami juga pasti manis rasana, hehe. terima kasih atas partisipasinya :)

    BalasHapus